Mulailah belajar Menulis Mahasiswaku

Idealisme yang nampak di luar semangat berapi-api mahasiswa kini,  terkadang tidak berbanding lurus dengan pengetahuan, pengalaman dan kemampuan mereka terhadap apa yang mereka geluti di bangku kuliah….setidaknya inilah yang nampak di awal-awal perkuliahan dengan mahasiswa saya di daerah ini….

Analisis yang jitu tentang sebuah masalah, dan penalaran yang brilian tentang sebuah konsep ternyata hanya pemanis bibir dan retorika semata. Kendala yang banyak dihadapi para kebanyakan mahasiswa saya adalah bagaimana mengkonsepkan ide dan retorika mereka itu dalam bentuk tulisan maupun karya ilmiah singkat, seperti resume atau hanya berupa konsep-konsep dasar saja.

Bukan salah siapa-siapa, namun hendaknya perlu keterlibatan aktif mahasiswa untuk mau belajar dan mau terus berlatih menulis, dan tidak sekedar mengandalkan makalah atau bahan yang sudah banyak tersebar di internet (yg sudah jadi) atau hanya mengambil dari hasil tulisan-tulisan lain yang ada di buku-buku. namun sedianya sudah mulai berlatih sedikit demi sedikit.

Langkah jitu mulailah dengan membaca banyak artikel, koran, buku, dan artikel lainnya. dan kumudian mulailah membuat resume, atau ringkasan, dengan tetap menyebut sumbernya, sebagai syarat penulisan ilmiah sederhana.

kemudian jiak terbiasa, mulailah membuat ide besar dengan membuat makalah sederhana dengan mulai membuat outline (atau semacam daftar isi) misalnya dengan pembahasan tema tertentu dengan mengelaborasi defenisis, konsep, penjabaran, pandangan para ahli, penyederhanaan dan segala sesuatu yang bisa dijangkau pembahasannya, dengantetap membuat batasan dan defenisi konsep yang tidak mengambang…

Di jika langkah ini masih sulit….

mulailah dengan mengarang Biography (riwayat hidup) anda sendiri….

mulai garis keturunan, marga, waktu kelahiran, kondisi di saat lahir, latar belakang keluarga, de -el-el.. dan jadilah sebuah preview tentang anda.

ini langkah sederhanaa, dan para mahasiswa hanya menggunakan 3 langkah, yaitu ide, mengkonsep dan laksanakan…saja…

perkara keliru adalah wajar, yang penting jangan membohongi diri sendiri saja.

orang bisa salah berkali-kali tapi jangan berbohong meski sekali..

Satu Balasan ke Mulailah belajar Menulis Mahasiswaku

  1. fatur mengatakan:

    hay..salam jumpa dan bina ukhuwah…trims atas pencerahannya dan materi prajab nya..sangat baik dan membantu ku…thanks ya

    klo senggang..main ke rumahku ya..di http://www.flexterapig.com dan http://www.kuliahbisnisinternet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: