Tentang program S1 PGSD PJJ Berbasis ICT di FKIP/PGSD Universitas Pattimura Ambon

Prolog (dari berbagai sumber)

Untuk meningkatkan kualitas dan kualifikasi guru sebagai salah satu pelaku dalam dunia pendidikan, khususnya guru sekolah dasar. Maka pada tanggal 5 Januari 2007  konsorsium perguruan tinggi bersama Direktorat Jendral PMPTK, Direkrorat Jendral Pendidikan Tinggi dan SEAMOLEC membuka program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) S1 PGSD yang berbasis ICT. Sampai saat ini jumlah penyelenggara PJJ ICT S1 PGSD ini mencapai 24 perguruan tinggi se-Indonesia yaitu Universitas Sriwijaya, Universitas Katholik Atmajaya Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Tanjung Pura, Universitas Nusa Cendana, Universitas Negeri Makassar, Universitas Cendrawasih, Universitas Muhammadiyah Makasar, Universitas Prof. Dr. HAMKA Jakarta, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Jember, Universitas Lampung, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Mataram, Universitas Negeri Semarang, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Haluoleo, dan Universitas Pattimura Ambon (FKIP/PGSD) Proses pengembangan bahan ajarnya di Fasilitasi oleh SIAMOLEC.

Dasar hukum dari Program PJJ ICT S1 PGSD ini adalah UU Sisdiknas 2003, Undang – Undang Guru dan Dosen no.14/2005, PP SNP no.19/2005, keputusan Menteri No. 107/2001 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh, Keputusan Dirjen Dikti No. 108/2001 tentang pembukaan program studi/jurusan (selanjutnya sebagai Juknis).

Sistem pendidikan yang digunakan adalah model hybrid (campuran) dimana 30 – 79 % beban belajar dan interaksi melalui jaringan teknologi informasi dan komunikasi. Ragam bahan ajar terdiri dari bahan ajar cetak, nahan ajar audio visual, bahan ajar berbasis komputer (CIA), bahan ajar berbasis jaringan (web-based). Sedangkan ragam interaksi dilakukan dengan cara tatap muka residential, tatap muka tutor kunjung, interaksi online (sinkronus dan asionkronus) dan videoconference.

Dari paparan contoh di atas dapat kita telaah bahwa proses penyampaian Informasi hampir 80% menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Peranan teknologi informasi dan komunikasi para era saat ini dipandang perlu dikembangkan. Tidak hanya untuk kalangan mahasiswa PJJ S1 PGSD saja tetapi mahasiswa di luar program tersebut setidaknya dapat memanfaatkan komunikasi Berbasis ICT sebagai penunjang kebutuhannnya. Dalam hal ini dibutuhkan kemampuan (skill) yang terampil dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga mahasiswa calon guru terutama guru sekolah dasar memiliki kemampuan lebih.

Alhamdulillah, FKIP/PGSD Unpatti-Ambon memberikan kepercayaan kepada Kami untuk bisa mengkoordinir program PJJ berbasis ITC yang sudah berlangsung selama dua tahun pelajaran ini. Dalam pelaksanaannya melibatkan guru-guru SD dari beberapa kabupaten kota yang tersebar di seluruh propinsi Maluku yakni, Kota Ambon, Kota Masohi (Maluku Tengah), (Piru) SBB, Namlea  (Pulau Buru), Kota Bula (SBT) dan Tual (Maluku Tenggara).

Karena Penulis Kami baru saja bergabung di tahun ini, maka baru dilibatkan pada program ini di tahun 2009, yakni pada pelaksanaan Monitoring dan Evaluation (Miniev) tahap pertama PJJ-ICT di Kota Ambon pada tanggal 2 Nopember 2009, dan rencana semua bertempat di salah satu SD yayasan swasta di kota Ambon. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan maka dialihkan pada gedung FKIP/PGSD Unviersitas Pattimura Ambon.

Tujuan.

Tujuan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) ini adalah:
1. Memperoleh informasi tentang pelaksanaan peningkatan kualifikasi guru ke jenjang
S1
2. Mengetahui efektifitas pemanfaatan dana bantuan biaya pendidikan peningkatan
kualifikasi guru.
3. Memperoleh informasi efektifitas pelaksanaan bantuan biaya peningkatan kualifikasi
guru dalam jabatan dan program pemenuhan guru untuk daerah terpencil (S1
PGSD PJJ berbasis ICT).

Hasil yang Diharapkan
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijaring data dan informasi yang akurat tentang
1. pelaksanaan program peningkatan kualifikasi guru ke jenjang S1
2. pemanfaatan dana bantuan biaya pendidikan peningkatan kualifikasi guru
3. pelaksanaan kegiatan Program S1 PGSD Berasrama S1 Basic Science Berasrama,
dan Program Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru yang meliputi program S1
PGSD PJJ  berbasis ICT

Pembiayaan
Seluruh pembiayaan dalam pelaksanaan monev ini dibebankan pada DIPA
anggaran  Direktorat Profesi Pendidik dengan menggunakan mata anggaran yang
relevan.

About these ads

Satu Balasan ke Tentang program S1 PGSD PJJ Berbasis ICT di FKIP/PGSD Universitas Pattimura Ambon

  1. sain mengatakan:

    bagaimana perkembangan PJJ ICT di Ambon….salam saya mahasiswa PJJ ICT PGSD di Univeritas Jember Jawa Timur…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: